SELAMAT DATANG (WELCOM IN MY BLOG)

Kamis, 02 Mei 2013

Awal Proses Pembelajaran Politik Yang Baik Bagi Generasi Muda

       Barang kali...kitaselaku generasi muda harus belajar dari awal.
banyak hal yang harus kita lalui dan lewati.dan banyak juga para praktisi dan pakar pendidikan menerapkan konsep agar bagaimana caranya supaya generasi muda dapat di pertanggung jawabkan sebagai calon pemimpin bangsa dan penerus nilai kultur.salah satunya melalui SEKOLAH PARLEMEN.dimana hal ini di ungkapkan oleh salah seorang wakil rektir di indonesia.
       Melalui Sekolah Parlemen Mahasiswa kita galangkan terus untuk mempelajari proses pembentukan politik, dengan belajar politik diharapkan bisa membangun dan mengubah citra DPR mendatang akan menjadi lebih baik.
politik-ekonomi
      Sebagai generasi muda, kalangan akademisi memiliki peran yang penting untuk mengubah wajah DPR dari pandangan yang negatif menjadi positif.
“Kata kuncinya adalah keyakinan untuk dapat mengubah serta mempengaruhi citra baik DPR dengan perilaku dan sikap yang baik,” katanya. Diakuinya, memang media selalu menyorot tingkah dan perilaku anggota dewan yang dipersepsikan selalu negatif dimana hal ini sangat berpengaruh pada citra di kelembagaan DPR.
      Di sisi lain, pada saat masyarakat luar menganggap bahwa perilaku anggota dewan negatif ini harus dimaklumi, karena sikap negatif yang ada di dalam dewan yang konstruktif oleh media, karena memang ideologi media ekstrimnya seperti itu, “bad news is good news ini yang disebut value news, realitas negative yang dijadikan berita sehingga muncullah persepsi negatif dalam kelembagaan dewan.
Beliau mengakui , selama ini masyarakat tidak pernah tahu seperti apa proses persidangan di DPR. Setelah mendapat pengetahuan dari sekolah parlemen ini, diharapkan mahasiswa menjadi paham bahwa proses politik harus diawali dari sekarang. Dengan memahami proses politik dari awal, kita akan lebih memahami suasana kebatinan dalam berpolitik serta dapat memahami apa yang terjadi ditengah-tengah ruang sidang maupun pada saat pengambilan keputusan dewan.
       Seorang anggota dewan yang mengantuk dan tertidur diruang rapat sidang paripurna itu bukanlah sesuatu yang negatif, karena anggota dewan memang betul-betul diforsir dalam waktu yang sangat panjang, maka hal seperti itu merupakan sesuatu yang wajar.
      Proses pembelajaran politik itu betul-betul sangatlah penting dan harus dimulai dari sekarang. Sebagai generasi muda, sudah seharusnya mempersiapkan diri dari awal dan memiliki kemampuan dalam bersikap perilaku, etika dan bagaimana dapat menanggapi beragamnya perbedaan pendapat sehingga tidak menyinggung perasaan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar